Zensei wa Ken Mikado Vol 3 Chapter 10




Chapter 10 – Hanya Melihat ke Depan


Aku menghabiskan sisa hari ini di taman.


Ayah, Grerial, dan Feli menyuruhku untuk tinggal di kamarku, tetapi aku menolak.


Aku tidak merasa sedih sedikit pun.


Aku akan berbohong jika aku mengatakan aku tidak merasakan sedikit pun kebencian terhadap kekaisaran, yang memaksa ksatria untuk melakukan tindakan seperti itu, tetapi itu hanya perasaan singkat.


Namun, hatiku masih terasa berkonflik.


Aku marah, aku kira.


Bukan pada orang lain, tapi pada diriku sendiri.


Aku tidak berniat mengatakan apapun tentang bagaimana kesatria itu mati. Ini berbeda dari orang ke orang, dan semua makhluk hidup akhirnya mati.


Aku lebih dekat dengan kematian daripada orang lain, jadi aku tidak punya apa-apa untuk dikatakan kepada orang mati, tidak lagi. Periode itu berakhir lama sekali.


Lalu mengapa?


Mungkin karena cara ksatria mati tumpang tindih dengan kematian rekan-rekan masa laluku.


Perasaan yang diilhami oleh ksatria dalam diriku mengingat masa laluku.

 

Masa lalu di mana aku tidak bisa melindungi orang lain muncul kembali dalam pikiranku.


Apakah itu akan terjadi lagi?


Aku merasakan bisikan seperti itu di telingaku.


"….diam."


Kata-kata ilusi itu lebih keras dari biasanya.


Tetapi aku tahu betul alasan mengapa peristiwa masa lalu seperti itu sangat menyiksaku. Cara ksatria mati terlalu mirip dengan mentorku dan yang lainnya.


Hari ini tidak ada angin yang bertiup.


Jika setidaknya ada angin sepoi-sepoi, pikiran buruk ini mungkin akan tersapu… Aku berpikir dan mengutuk langit dengan pelan.


Aku berbaring di rumput dan memejamkan mata. Biasanya, aku bisa segera melepaskan kesadaranku, tetapi untuk beberapa alasan hari ini tidak berhasil. Aku tidak bisa melakukan sesuatu yang begitu alami.

 

Kemudian, aku mendengar suara gesekan di tanah.


Sesuatu seperti gemerisik. Di dunia kegelapan di belakang mataku yang terpejam, suara itu terdengar jelas.


“Tidak bisa tidur? Lagipula kau tidak terlalu cocok dengan peran kecantikan tidur."


Kata-kata tanpa batasan.


Biasanya aku akan membalasnya, tetapi untuk beberapa alasan, kata-kata itu terdengar menghibur.


"…Aku baru saja bangun tidur."


“Ya ampun, kenapa kamu berbohong seperti itu? Kamu benar-benar Pangeran yang, sampai jam 4 sore, tidak bangun bahkan jika kamu memasukkan jarimu ke hidungnya, bukan?"


Sebuah arloji kemudian disodorkan di depan mataku yang setengah terbuka.


Jarum jam masih menunjuk ke 2.


"... kamu baru saja mengatakan sesuatu yang sangat buruk, kamu tahu?"


“I-Itu hanya imajinasimu… kurasa.”


Tuduhan ringanku membuat pelayan berambut coklat - Ratifah - membuang muka.


Tanggapan yang memberikan semuanya.


Kamu benar-benar melakukannya, kamu kecil…! 


Aku merasakan amarah mulai menggelembung di perutku.


Aku pikir aku harus memberinya pelajaran sekali dan untuk selamanya, dan merasakan alur pemikiran yang menjebakku tanpa akhir telah berubah menjadi kejengkelan yang diarahkan pada Ratifah sebelum aku menyadarinya. 


Itu mungkin kebetulan… tapi secara mental aku berterima kasih padanya saat aku duduk.

 

Sementara aku mengibaskan rumput dari punggungku, Ratifah duduk di sebelahku.


“Apa terjadi sesuatu?”


Ratifah berbicara lebih dulu.


Mungkin karena kepedulian terhadap perasaanku, ada sedikit kesedihan di ekspresinya.


"…tidak? Tidak ada yang khusus."


Apakah Feli memberitahunya sesuatu?


Jadi aku berpikir sejenak, tetapi Feli von Yugstine terlalu baik untuk kebaikannya sendiri. Dia mungkin diam tentang segala hal.


Namun, ada jeda yang tidak wajar sebelum aku menjawab.

 

“Kamu harusnya berbohong lebih baik dari itu untuk membodohi aku, Yang Mulia.”


Mata jernih Ratifah sepertinya melihat jauh ke dalam jiwaku, dan aku merasakan dorongan untuk berpaling semakin kuat.


Melakukan itu berarti mengakui bahwa dia benar, jadi aku menahan keinginan itu dengan sekuat tenaga.


“Hah…”


Aku mendengar desahan kecil.


“Aku tidak tahu apa yang terjadi padamu, Yang Mulia. Karena orang tertentu yang tidak baik mencoba yang terbaik untuk tidak mengatakan apa-apa dan tidak akan mengucapkan sepatah kata pun."


Kata-kata dan ekspresi Ratifah yang menyengat dipenuhi dengan ketidakpuasan.

 

“Tapi Yang Mulia mudah dimengerti, jadi, dengan melihat wajahmu, aku bisa sedikit banyak tahu apa yang terjadi. Bahkan dengan gelar seperti 'Pahlawan', Yang Mulia selalu menjadi Pangeran yang malas dan suka tidur."


Aku tahu itu.


Lebih baik dari siapapun.


Gelar seperti "Pahlawan" sama sekali tidak cocok untukku.


"Pangeran sampah" lebih cocok untukku, dan aku juga menyukainya.


Setiap orang memiliki penyesalan.


Ratifah tiba-tiba berlanjut.


"Itu normal. Aku bahkan tidak bisa menghitung berapa kali aku punya. Mengapa aku tidak melakukan ini, mengapa aku melakukan itu… Aku memikirkan penyesalan seperti itu setiap hari. Tapi aku berjalan maju. Aku hidup.”


Kata-katanya terasa sangat meyakinkan, matanya membakar diriku.


“Tahukah Kamu alasannya mengapa?”


Aku tidak tahu apa yang orang lain pikirkan. Tidak mungkin aku bisa.


Selain itu, tidak seperti Ratifah, aku mungkin tidak hidup sambil berjalan maju. Sebaliknya, aku selalu melihat ke belakang, menyeret masa laluku denganku.


Aku tidak bisa begitu saja berdamai dengannya dan melanjutkan.


Jadi aku tidak bisa menjawab pertanyaannya.


“Aku akan mengubah pertanyaannya. Yang Mulia, jika Kamu bisa kembali ke masa lalu dan mengubahnya… maukah Kamu melakukannya?”


Jika pembantu pribadiku Ratifah benar-benar memiliki kekuatan untuk memutar balik waktu, aku ... - Aku tahu tidak mungkin dia melakukannya, tetapi pertanyaannya membekukanku.


Aku tidak bisa mengatakan ya atau tidak.


Sekali lagi, aku tidak bisa menjawab.


Aku mendapati diriku berpikir…


Kapan tepatnya itu terjadi?


Mentorku pernah menanyakan pertanyaan konyol yang sama. Jika Kamu bisa kembali ke masa lalu, bukan? Ingatan itu bersarang di sudut pikiranku.


Masa lalu hidup kembali di kepalaku.


-


<< ***, jika kamu bisa kembali ke masa lalu, bukan? >>


<< Apa yang kamu katakan sekarang? >>


<< Jawab saja aku, ***. Maukah Kamu? >>


Pertanyaan itu datang tiba-tiba.


Mentorku tiba-tiba bertanya padaku. Tidak mungkin kembali ke masa lalu, jadi mengapa dia menanyakan hal seperti itu? Aku tidak tahu saat itu.


Tapi aku memutuskan untuk menjawab.


Bahkan jika aku tahu itu adalah pertanyaan yang tidak ada gunanya.


<< Aku akan. Aku ingin kembali ke kehidupan biasaku. >>


Aku menyukai mentorku dan yang lainnya, orang-orang yang tinggal bersama denganku.


Tidak ada keraguan tentang hal itu. Aku bisa mengatakannya dengan percaya diri.


Tapi hari-hariku sekarang dipenuhi dengan pembunuhan, pertempuran, kematian. Itu adalah neraka. Orang-orang di sekitarku terluka dan akhirnya akan mati.


Sangat menyakitkan untuk dilihat.


<< Bagaimana denganmu, mentor? Apakah Kamu akan kembali ke masa lalu? >>


<< Aku? Hmm… >>


Mentorku tertawa kecut.


Jawabanku mungkin diharapkan. Ekspresinya tidak berubah, tapi dia mungkin tidak mengira aku akan membalik pertanyaan itu kembali.


<< Nah, kurasa aku tidak ingin kembali. Atau aku harus mengatakan bahwa aku tidak bisa. >>


<< Apa maksudnya itu? >>


Jika Kamu bisa kembali ke masa lalu.


Mengapa Kamu menjawab "Aku tidak bisa" untuk pertanyaan seperti itu?


Aku tidak mengerti mengapa mentorku memilih kata-kata seperti itu.


<< Kembali ke masa lalu berarti apa pun yang terjadi setelah itu menghilang dan Kamu dapat memanipulasi hal-hal seperti yang Kamu inginkan. Hadiah kita dibangun di atas banyak pengorbanan. Kamu dan aku juga mengalami banyak hal. Kita membawa banyak kesedihan juga. >>


<< Itulah mengapa kamu ingin kembali, bukan? >>


Aku merasa bahwa kata-kataku benar-benar akurat. Mentorku menjawab dengan senyum penuh kebaikan.


<< Dengarkan aku, ***. Tidak peduli betapa kejamnya masa lalu yang Kamu miliki, tidak peduli berapa banyak penyesalan yang Kamu miliki, Kamu tidak boleh berpaling darinya. >>


<<… kenapa? >>


Kata-kata mentorku sangat menggairahkan. Suaraku sedikit gemetar saat aku menjawab.


<< Jika Kamu berpaling, itu tidak akan pernah dibayar kembali. >>


Apa yang tidak? Aku ingin bertanya, tapi— 


<< Keteguhan hati orang-orang yang hidup mati-matian, selamat, tapi akhirnya mati… tidak akan terbayar. >>


Aku tidak bisa mengatakan apa-apa setelah mendengar kata-kata mentorku.


<< ***, kamu akan menemukan lebih banyak penyesalan di masa depan juga. Kamu akan melihat orang-orang yang Kamu sayangi mati di depan matamu. Tetapi ketika itu terjadi, jangan pernah berpikir bahwa Kamu ingin kembali. Apalagi jika mereka telah mempercayakan sesuatu kepada Kamu. Jangan pernah berpaling dari tongkat kehidupan. >>


Aku bisa mengerti, jika sedikit, mengapa mentorku mengatakan dia tidak bisa kembali.


<< Setiap orang memiliki penyesalan. Aku juga. Tidak ada manusia yang tidak. >>


<< Kamu juga, mentor? >>


Di mataku, mentorku memiliki segalanya.


Dia kuat, punya teman, dan mungkin juga bahagia. Kepribadiannya buruk, tapi aku mengagumi yang lainnya.


Jadi aku tidak bisa menyembunyikan keterkejutanku.


<< Aku juga manusia. Aku memiliki begitu banyak penyesalan sehingga aku bahkan tidak dapat menghitungnya. Tapi tidak peduli berapa banyak penyesalan yang Kamu miliki. Jika Kamu ingin meratapinya, lakukan sebanyak yang Kamu mau. Tapi sebagai gantinya, jangan pernah berhenti maju. >>


<< Jangan pernah berhenti… maju? >>


Mentorku terkadang menggunakan ekspresi yang sangat sulit.


Dia mengatakan itu karena usia, tetapi aku yakin itu bukan satu-satunya alasan.


Gagal untuk mengerti, aku sedikit cemberut dan mentorku meletakkan tangan di kepalaku.


<< Dengan kata lain, tetaplah hidup seperti yang kau lakukan sekarang, ***. >>


<<… ya, aku benar-benar tidak mengerti. >>


<<… hmm, izinkan aku mengatakannya dengan cara lain. Saat ini Kamu melakukan yang terbaik untuk hidup, berpikir bahwa hidupmu diberikan kepada Kamu oleh orang lain, bukan? Itulah artinya tidak pernah berhenti melangkah maju. >>


Aku tidak bisa mengerti sama sekali.


<< Kamu mungkin berhenti di jalurmu suatu hari nanti. Jika itu terjadi, pikirkan kembali percakapan ini. Ulangi untuk dirimu sendiri. Ini pasti akan menjadi cahaya, menunjukkan ke mana Kamu harus pergi. >>


Mentorku mengacak-acak rambutku sambil menunjukkan senyuman yang indah.


<< Lihat ke depan dan berjalanlah. Itulah hal terbaik yang dapat Kamu lakukan bagi mereka yang mempercayakan sesuatu kepada Kamu. Setidaknya itulah yang aku yakini— >>


-


“Apa kau mendengarkan, Yang Mulia!? Kata-kataku terlalu berharga untuk kau abaikan, kau tahu! Aku baru saja mengatakan sesuatu yang sangat baik, tahu!? Kamu tidak mendengarkannya, bukan!? Pikiranmu benar-benar ada di tempat lain!!”


Keluhan berisik Ratifah menarik aku kembali ke dunia nyata.


Aku tidak bisa begitu saja menjadi emosional seperti itu, jadi untuk saat ini aku memutuskan untuk mengatakan yang sebenarnya padanya.


"Maaf, kesadaranku agak hilang."


"Mengapa harus pergi saat aku sedang berbicara!?!"


Ratifah memegangi kepalanya dengan tangannya, gemetar pada absurditas reaksiku. Aku merasa kasihan padanya, tetapi aku juga berpikir aku telah menemukan petunjuk tentang apa yang harus aku lakukan.


Dan itu pasti bukan untuk bermalas-malasan di taman.


Tidak peduli apakah kata-kata knight itu benar atau salah— 


"…Baiklah kalau begitu."


Aku meletakkan tangan di atas rumput dan berdiri.


Pelayan itu sedang dalam suasana hati yang negatif. Meringkuk di tanah, dia menggumamkan kata-kata yang terdengar seperti kutukan ritual, tapi aku memutuskan untuk mengabaikannya.


Memang benar kedatangannya ke sini seperti pemicu bagiku. Aku mengulurkan tanganku yang bebas ke arahnya.


"Ratifah."


“… .Ya, sekarang ada apa…?”


Tanggapannya tidak memiliki energi apa pun.


Aku merasa sedikit bersalah kali ini tetapi mengingat pengkhianatan dan aliansinya dengan Stenn, jadi setiap rasa bersalah lenyap dalam sekejap.


"Aku merasa seperti sudah mengatasinya."


“Hoh?”


Setelah reaksi khusus seperti itu, Ratifah mendongak. Dia menatapku selama beberapa detik, senyum cerah di bibirnya.


"Apakah begitu. Aku senang."


“Ya, kamu sangat membantu.”


Ratifah meraih tangan yang kuulurkan.


Saat aku menariknya ke atas— 


-


Ini mengingatkanku, hal yang sama terjadi *sebelumnya*… meskipun dia yang menarikku kali ini…


-


Ratifah berbicara dengan nada yang terlalu lemah untuk didengar dengan baik.


“Apakah kamu mengatakan sesuatu?”


"Tidak tidak!! Aku tidak!! Mengatakan apapun!!"


Ratifah membantah dengan keras. Senyumannya menyiratkan bahwa ini adalah hukumannya bagiku karena mengabaikannya sebelumnya.


Aku menyimpulkan bahwa itu pasti sesuatu yang konyol dan memutuskan untuk tidak memikirkannya.


Namun, aku perlu mengatakan satu hal lagi.


Hari itu, aku harus mengucapkan kata-kata itu.


“Ratifah, terima kasih.”


“Hmm? Yang Mulia, suaramu anehnya rendah, aku tidak bisa mendengarmu dengan baik ... apa yang harus Kamu katakan sekarang adalah lain kali Kamu akan benar-benar meminta nasihat kepada pembantumu, Ratifah, tanpa menyembunyikan apa pun lagi, Kamu tahu?"


“… Kamu sudah mendengar dengan sempurna, bukan.”


… Aku segera menyesal mengatakannya.


Tapi anehnya, itu tidak menyenangkan.