Zensei wa Ken Mikado Vol 3 Chapter 23




Chapter 23 – Air Panas


[DLO]


“Hal yang ingin kamu tanyakan, huh…”


Anak laki-laki itu pasti tahu cepat atau lambat aku akan bertanya.


Itulah kesan yang dia berikan saat dia menjawab.


Pandangan yang dia berikan padaku sepertinya mendorong aku untuk melanjutkan, jadi aku mematuhinya.


"Aku mendengar tentang peninggalan kuno itu, tapi tidak tentang sebenarnya apa isi peninggalan kuno itu."


“Kamu ingin aku memberitahumu?”


Begitu bocah itu mengatakan itu, aku perlahan menggelengkan kepalaku.


"Tidak. Yang ingin aku ketahui adalah apakah itu seperti apa yang aku pikirkan. Aku sendiri tidak ingin tahu isinya. Hanya jika ada sesuatu di dalamnya atau tidak."


Aku punya firasat buruk tentang semuanya.


Sejak aku mencium bau karat yang menyengat, aku tahu betul, aku punya firasat. Tapi aku tidak bisa begitu saja mengatakan itu hanya firasat dan melupakannya.


“Beberapa waktu lalu, di Diestburg, aku diserang oleh seseorang dari kekaisaran.”


“Kamu?”

 

"Ya."


"Astaga."


“Pasti merepotkan bagimu, tapi tragedi bagi mereka yang berani menyerang pangeran yang tidak biasa….”


Begitu kata anak laki-laki itu, dengan nada humor.


“Tidak ada yang menyangka biasanya, kan? Bahwa seorang pangeran kerajaan bisa begitu berdarah dan cepat bertempur."


“… Aku tidak berpikir aku secepat atau tertarik untuk bertarung.”

 

Pelaku menyerangku saat mengetahui aku adalah seorang pendekar pedang dan menggunakan "Spada" ku, tapi tidak ada gunanya mengoreksi kata-kata anak itu, jadi aku hanya mengangguk.


"Pokoknya, aku menetralkan serangan itu, tapi dalam prosesnya aku berhadapan langsung dengan sesuatu yang aneh."


"…aneh?"


“Ya, aneh adalah kata yang tepat. Sesuatu yang membuat perutmu mual hanya dengan melihatnya… aneh sekali.”


Aku menatap bulan sabit tipis yang terpantul di air panas. Di sebelahnya, wajahku terpantul. Kerutanku, lebih dalam dari biasanya, bisa terlihat dengan jelas.

 

"Pernahkah Kamu mendengar monster mirip manusia, tidak mampu berpikir rasional?"


Adegan itu muncul di benakku.


Makhluk-makhluk itu terukir begitu dalam dalam ingatanku sehingga aku yakin aku tidak akan pernah melupakan mereka, tidak peduli berapa lama aku hidup. Kata "monster" sangat cocok untuk mereka.


"…tidak pernah."


Anak laki-laki itu menjawab.


Mungkin dipengaruhi oleh moodku, kata-katanya terdengar agak canggung.


"Betulkah? Tidak apa-apa."


Aku berdiri, mengganggu bayanganku di air. Jawaban itu cukup untuk saat ini.


"... apa kau berpikir monster itu mungkin terhubung ke peninggalan kuno?"

 

“Aku pikir begitu, tapi jika Kamu tidak tahu tentang mereka, tidak apa-apa. Itu hanya firasat. Aku hanya berpikir jika ada koneksi, aku harus meminta maaf sebelumnya."


Aku pasti akan- 


“... minta maaf untuk apa?”


“Karena aku pasti akan… meninggalkan apapun dan langsung pergi ke monster itu.”


Itu bukan prediksi.


Saat mereka muncul di hadapanku, aku pasti akan mengayunkan pedangku. Aku akan buru-buru membunuh mereka, bahkan jika aku harus memutuskan semua ikatan, literal dan kiasan, yang aku miliki. Dalam kasus seperti itu, aku pasti akan melupakan janji apa pun yang aku buat atau permintaan yang aku terima.


Jadi aku katakan aku harus minta maaf.


“… Berdarah seperti biasa, Yang Mulia.”


“Hei, jika aku bisa, aku akan menghabiskan hari-hariku dengan tidur. Tapi ada keadaan yang tidak mengizinkan aku melakukan itu."


“Itu agak mengejutkan.”


Apa?


Aku tidak menyangka anak laki-laki itu akan menjawab seperti itu, jadi aku bereaksi secara spontan.


“Apa yang mengejutkannya?”


"Aku berharap Kamu bertanya padaku tentang apa yang terjadi dengan pelayan yang Kamu lihat itu."


"Pelayan..? Aah, Feli.”


“Oh? Kamu sebenarnya tidak terlalu peduli tentang itu?”


“Tidak mungkin aku tidak.”


Jika aku tidak peduli, aku tidak akan mengatakan hal-hal itu padanya begitu aku bertemu dengannya. Dia penting. Tapi aku tahu tidak ada yang bisa aku lakukan, jadi dari sudut pandang orang lain, aku mungkin tampak tidak tertarik.


Selain…


“Setiap orang memiliki satu atau dua hal yang mereka tidak ingin dicampuri orang lain. Jadi aku akan meninggalkannya sendirian untuk saat ini… itulah hal terbaik yang harus dilakukan saat ini.”


“Hmm, sungguh… jadi terkadang kamu bertingkah seperti pangeran.”


“Orang macam apa menurutmu aku ini…?”


“Seseorang yang terburu-buru untuk mati, tanpa memikirkan konsekuensinya”


Kesan pertemuan kami di Rinchelle. Biasanya aku akan membalasnya, tapi kata-kata itu secara aneh menggambarkan diriku, jadi aku kehilangan kata-kata.

 

“Oh? Apakah aku tepat sasaran? Dan membuatmu tidak bisa berkata-kata?"


"…diam."


Aku memelototi bocah itu, mataku setengah terbuka.


Senyumannya yang sombong hanya membuatku semakin kesal.


“Oh ya, bolehkah aku mengajukan satu pertanyaan juga?”


Anak laki-laki itu berbicara dengan nada yang agak bersemangat sambil memercikkan air. Bahkan kelihatannya dia memiliki kilau di matanya, tapi itu mungkin imajinasiku.


“… Hanya jika itu sesuatu yang bisa aku jawab.”


“Hmm, ya, menurutku kamu bisa.”


Anak laki-laki itu lalu melanjutkan.


Aku agak waspada, bertanya-tanya apa yang akan dia katakan. Kemudian…


“Jadi, yang mana dari mereka yang akan kamu tuju?”


“…. ??”


Pikiranku menjadi benar-benar kosong.


“Maksudku, kaulah Pangeran, kan? Berdasarkan kepribadianmu, aku yakin kau bukan tipe maniak yang bisa menyentuh siapa pun yang mereka suka, tapi tidak aneh berada dalam hubungan seperti itu dengan seseorang, kan?”


“Hal terbodoh yang pernah Kamu tanyakan…”


Tapi aku langsung merasa rileks.


Aku bertanya-tanya apa yang akan dia tanyakan… tapi itu adalah sesuatu yang lebih rendah dari yang bisa kuharapkan. Aku mengungkapkan betapa tidak berharganya, aku pikir begitu dan keluar dari kamar mandi.


"Apa!? Kamu benar-benar serius!?”


Anak laki-laki itu melihat bagaimana aku tidak dengan putus asa menyangkal kata-katanya, tetapi benar-benar bertindak kecewa dan akan pergi, jadi dia buru-buru berbicara lagi.


Dia juga dengan cepat keluar dari kamar mandi seperti aku, tetapi kemudian aku mendengar suara percikan yang keras.


“Daripada benar-benar bermaksud atau tidak, aku tidak tertarik pada… tidak, aku harus mengatakan…”


Aku melihat dari balik bahu pada anak laki-laki itu.


"Aku tidak terbiasa dengan hal itu."


Aku menahan diri untuk tidak menertawakan diriku sendiri dan menjawab.


“Aku cukup canggung, sejujurnya… Aku hanya melihat orang sebagai orang yang tidak ingin aku hilangkan, dan yang lainnya. Jadi aku tidak akan bisa menjawab pertanyaan seperti itu."


Aku dapat berbicara tentang hal-hal yang aku ketahui dengan berbagai cara. Tetapi aku bahkan tidak tahu apa yang merupakan jawaban untuk pertanyaan seperti itu. Jadi aku tidak punya cara untuk menjawab. Itulah jawabanku untuk anak laki-laki itu.


“… Kamu benar-benar aneh, bukan. Tidak, tidak hanya Kamu… Kamu *berdua*.”


"Itu bukanlah sesuatu yang baru, setidaknya dalam kasusku."


Anak laki-laki itu tahu bahwa aku adalah "Pangeran Sampah" kerajaan Diestburg. Seorang bangsawan dekaden yang tidur atau berpikir untuk tidur sepanjang waktu.


Aku selalu diberi tahu bahwa aku aneh, jadi kata-katanya tidak terasa baru.


“Ya, aku rasa begitu. Tapi aku sangat terkejut. Aku mengharapkan ayahmu atau seseorang untuk memberikan *rantai* semacam itu kepadamu, untuk membuatmu tetap terkendali.”


"Mengapa?"


Semacam *rantai*.


Aku bisa dengan mudah mengatakan yang dia maksud adalah kekasih, kehadiran seorang wanita. Jadi aku bertanya. Apa alasan untuk melakukan hal seperti itu?


Karena itu berhasil.


Dia segera menjawab.


“Ini bekerja dengan orang-orang sepertimu, orang-orang yang memprioritaskan orang lain daripada diri mereka sendiri saat mereka bergegas menuju kematian.”


Jika Kamu memiliki seseorang yang Kamu inginkan untuk bersama, Kamu akan merasa terdorong untuk hidup, bukan? Begitu kata anak laki-laki itu.


“Jika orang itu lewat atau digunakan dalam semacam negosiasi, kerusakannya akan fatal. Fatal… huh…”


Nada bicara anak laki-laki itu menjadi semakin sedih saat dia berbicara.


Lebih dari perubahan nadanya, bagaimanapun— 


“Kamu berbicara seperti kekaisaran.”


- apa yang dia katakan meninggalkan kesan yang lebih besar padaku.


Itu mengingatkanku pada kata-kata ksatria itu, yang senang mengambil sikap santai. Kata-katanya tentang keluarga dan ikatan dan semua itu.


“… Benarkah?”


“Tapi aku mendengarnya dari seseorang, jadi aku tidak tahu seberapa benar itu.”


"Aku mengerti."


Percakapan kemudian berhenti.


Aku membuka pintu geser menuju ruang ganti. Udara di ruangan itu terasa sedikit lebih hangat daripada pemandian terbuka.


“Oh ya, ada satu hal lagi yang ingin aku tanyakan.”


Aku bertanya-tanya mengapa bocah itu berdiri di sana, tenggelam dalam pikirannya, alih-alih ikut denganku, lalu aku teringat tentang hal lain yang ingin aku tanyakan.


Itu yang lebih penting, jadi aku menegur diri sendiri karena lupa dan bertanya.


“Kamu bilang kita harus menunggu waktu yang tepat, tapi berapa lama, kurang lebihnya?”


“… Ah, itu akan menjadi lima hari dari sekarang. Ini mungkin sedikit berubah, tapi jika itu terjadi, aku akan memberitahumu besok pagi, jangan khawatir.”


"Aku mengerti."


Aku mengetahui apa yang ingin aku ketahui.


Jadi aku melanjutkan melalui pintu menuju tempat kami meninggalkan pakaian kami. Pintu perlahan-lahan bergeser ke dekat di belakangku.


“… Kurasa aku akan berenang lagi.”


Suara anak laki-laki itu meluncur dari celah pintu yang menutup.


“Kamu bisa menghabiskan sisa lima hari dengan bebas, tapi hati-hati di malam hari.”


Mengapa?


Jawabannya datang sebelum aku bisa bertanya.


"Karena mungkin ada tipe militer yang menakutkan di luar dan di sekitarnya."