Zensei wa Ken Mikado Vol 3 Chapter 24




Chapter 24 – Sihir Waktu


Rasanya tidak enak untuk tidur di tempat yang asing.


Aku merasakannya dengan sangat kuat.


Setelah berbicara dengan anak laki-laki itu, aku makan malam dan langsung pergi tidur, tetapi aku bangun di waktu yang aneh.


Aku bisa mendengar suara jangkrik di luar.


Mungkin mereka masih muda, karena teriakan mereka terdengar canggung.


"…sangat mengantuk."


Mataku masih setengah tertutup, aku membisikkan perasaan jujurku.


Di balik tabir tipis tirai, langit berubah dari malam ke siang. Sinar matahari yang lembut mengintip melalui jendela.

 

Hari masih pagi, tapi entah kenapa aku sudah bangun. Aku yakin bahwa alasannya adalah pemandangan di depanku.


“..Pfaaw… kamu selalu bangun pagi-pagi sekali.”


Aku hampir tidak menahan diri untuk tidak menguap dan berbicara dengan Feli, sambil duduk di tepi tempat tidurnya. Dia melihat pemandangan dari jendela dan punggungnya menghadap aku.


"Selamat pagi. Yang Mulia bangun pagi-pagi sekali hari ini."

 

Nama "Shizuki" hanya akan digunakan saat kami pergi keluar. Jadi di lingkungan pribadi seperti ini Feli masih memanggil aku “Yang Mulia”.


"Aku tidak bisa tidur nyenyak jika bukan tempat tidurku."


Suaraku masih terdengar agak mengantuk, tapi Feli mungkin mengerti. Dia menatapku dan tersenyum berkata, "Bangun lebih awal selalu merupakan hal yang baik".


Aku merasa sedikit tersesat karena kurang tidur dan akan senang tertidur lagi, tetapi entah mengapa aku tidak merasa ingin tidur lagi hari ini.


“Ngomong-ngomong, Ratifah itu masih tidur?”


"Ini masih jam empat pagi."


Aku melihat ke tempat tidur lain di ruangan itu.


Di tempat tidur, makhluk tak dikenal terbungkus bola selimut.


Di luar masih ada selubung kegelapan: definisi sempurna dari "fajar".


“Dia benar-benar tidur dalam posisi yang aneh…”


Aku heran bahwa manusia bisa tidur seperti itu.


Nafas tidurnya bisa terdengar melalui selimut.

 

Aku menyadari bahwa aku bisa membalas dendam atas gangguan tidurku sehari sebelumnya.


Pikiran seperti itu melintas di benakku.


“… Yah, ini masih pagi, kurasa aku akan meninggalkannya sendiri kali ini.”


Aku membuang pikiran yang muncul ke permukaan hingga terlupakan.


"Feli."


Aku berdiri dari tempat tidur dan memanggilnya.


Dia mungkin mengira aku akan tidur lagi, jadi dia terkejut dengan tindakanku.


“Aku akan keluar sebentar.”


"Dalam hal itu- "


Aku akan datang juga. Aku berharap dia mengatakan itu, jadi aku menghentikannya, senyum masam di wajahku.


“Aku hanya akan mencari sesuatu untuk dimakan. Mungkin karena aku bangun pagi-pagi sekali, aku merasa sangat lapar. Itu saja, jadi kamu tidak perlu datang.”

 

Aku meninggalkan "Spada" di sudut ruangan di sana dan memutar kenop pintu, tanpa senjata. Lantai dasar penginapan kami memiliki kafetaria: Aku ingat pernah membaca pemberitahuan bahwa para tamu dapat menggunakannya di pagi hari.


“Jika kafetaria tutup, aku akan segera kembali.”


Aku kemudian meninggalkan ruangan.


Detik berikutnya, aku melirik ke kamar anak laki-laki itu. Aku melihatnya sebentar, senyum di bibirku.


“… Aku tidak bisa bersantai di sana…”


Aku meninggalkan ruangan seolah-olah melarikan diri darinya. Aku tidak bisa menahan senyum atas kelakuanku.


Lingkungan yang berbeda jelas merupakan faktor, tetapi alasan sebenarnya mengapa aku tidak bisa tidur nyenyak adalah karena selalu ada orang di ruangan yang sama, pikirku.


“Haruskah aku menetapkan satu kamar untukku?”


Mungkin itu lebih baik.


Jadi aku berbisik sambil melihat kamar single anak laki-laki itu, tapi aku tidak menyelesaikan kalimatnya.


“… Tidak, lebih aman bagi kita bertiga untuk bersama.”


Tidak seperti Afillis atau Rinchelle, tempat kami tinggal di dalam kastil kerajaan, lingkungan di sini terasa sangat baru. Aku menyadari bahwa tidak bijaksana untuk berpisah.


"Yah, terlepas dari apakah aku akan tidur lagi atau tidak, lebih baik makan sesuatu."


Aku menuruni tangga kayu menuju kafetaria.


~


Di kafetaria seorang wanita sedang duduk di depan meja, menghirup sup. Aroma sedap menggelitik lubang hidungku dan hampir membuat perut kosongku menggerutu.


Tapi aku hanya bisa melihat wanita itu: sepertinya tidak ada orang di dapur atau di mana pun.


Saat itu…


"Nenek baru saja keluar, kupikir dia akan kembali dalam 10 menit atau lebih."


Wanita itu mungkin merasakan kehadiranku dan berbicara tanpa berbalik menghadapku.


"Nenek?"


Aku tidak tahu siapa yang dia maksud. Wanita itu kemudian berhenti makan dan memiringkan kepalanya ke samping.


“Oh? Aku pikir Kamu datang untuk sarapan, apakah aku salah?"


Dia kemudian perlahan berbalik.


Mata biru yang dimahkotai oleh bulu mata panjang menatap ke arahku.


Kulit lembut dan putih dengan sedikit kekanak-kanakan. Daripada seorang wanita, mungkin lebih tepat untuk memanggilnya seorang gadis muda.


“Tidak, kamu benar.”


“Hehe, aku tahu itu. Nenek adalah orang yang bekerja di dapur di sini. Dialah yang membuat sebagian besar makanan. Tentu saja, untuk sarapan juga.”


Gadis muda itu kemudian membelah rambut setengah panjangnya yang dipotong rapi ke samping dan melanjutkan makan.


“Aku tidak akan tinggal di sini, tapi mie kuah yang dia buat benar-benar enak lho. Aku ketagihan."


“Hmm…”


Setelah 10 menit kosong, aku berdebat apakah harus tetap menunggu di kafetaria atau kembali ke kamarku.


Wanita muda itu memperhatikan aku hanya berdiri di sana dan memanggil aku.


“Apa kau tidak akan duduk?”


Dia terdengar benar-benar bingung.


“… Kurasa aku harus.”


Terombang-ambing oleh sikapnya yang sangat santai, aku tidak bisa menjaga postur tubuhku yang biasa. Aku akan duduk di meja dekat pintu masuk, ketika suara tidak puas mencapai telingaku.


“Oh, ayolah, kamu sedang duduk di sana? Meskipun tempatnya cukup kosong?”


—Terlalu banyak energi untuk jam ini, nona. Sekarang jam 4 pagi…


Melihatnya, aku tidak bisa mengeluh tetapi berpikir seperti itu.


“Kemarilah, ayo mengobrol sebentar, kita berdua. Aku harus menghabiskan waktuku, dan Kamu tidak ada yang harus dilakukan, bukan? Kita bisa bercakap-cakap baik di antara para pelancong…”


Aku agak kesal karena dia memutuskan aku tidak melakukan apa-apa, tetapi bahkan jika aku menolak, aku merasa dia hanya akan duduk di mejaku, jadi aku dengan enggan mendekati mejanya.

 

Aku duduk di mejanya, terletak di seberang dapur, di salah satu kursi bundar yang ditempatkan pada jarak yang sama di sekitarnya. Aku memastikan untuk meninggalkan satu kursi terbuka antara aku dan wanita muda itu.


Itu, bagaimanapun ...


Tidak bertahan lama.


Dia memindahkan piringnya ke samping dan diikuti dengan duduk di kursi di sebelahku. Terlalu dekat untuk pertemuan pertama kali, pikirku.


“… Ngomong-ngomong, apa yang membuatmu mengira aku seorang musafir?”


“Oh, kamu bukan?”


Wanita muda itu memiringkan kepalanya ke samping, menatapku dengan rasa ingin tahu.


"Aku hanya mengira hanya seorang musafir yang akan datang ke kafetaria pada jam ini, itu saja."


“Aku rasa itu benar.”


"Benar, benar! Selain itu, hanya pelancong yang akan datang ke desa seperti ini. Tepat di sebelah 'Hutan Malam Hari'. Hanya pelancong yang bertujuan untuk menjelajahi reruntuhan yang dikabarkan akan berkunjung, itu mudah tuk menebaknya."


Reruntuhan.


Itu memang tujuanku.


Tapi aku tidak tahu banyak tentang rumor itu. Aku kira aku harus mendengarkan jika dia akan membicarakannya… jadi aku berpikir dan mengajukan pertanyaan.


“Rumor apa?”


“Reruntuhan kuno seharusnya berisi petunjuk tentang 'Sihir Waktu', yang seharusnya memungkinkanmu memutar waktu kembali. Atau setidaknya itulah yang dikatakan rumor. Tidak pernah mendengar hal tersebut?"


“… Sihir… Waktu…?”


Sihir yang mengontrol waktu.


Ini adalah pertama kalinya aku mendengar sesuatu tentang itu, jadi aku hanya mengulangi kata-kata itu pada diriku sendiri, terlihat benar-benar bingung.


“Sulit dipercaya, sejujurnya.”


Mungkinkah sihir gila seperti itu benar-benar ada?


Aku tidak bisa mempercayainya.


“Tapi bukankah akan menyenangkan jika itu terjadi? Maksudku, ini adalah 'Sihir Waktu'! Kamu dapat melakukan banyak hal dengan benar. Ini seperti mimpi."


Kedengarannya seperti sesuatu yang keluar dari mimpi. Kemampuan untuk memutar kembali waktu dengan mudah melampaui batasan manusia.


Memang, kecuali ini adalah mimpi, aku dapat dengan tegas mengatakan itu tidak mungkin ada.


Namun, dia tidak melakukannya.


Dia berbicara dengan kilau di matanya, seolah dia benar-benar percaya itu ada. Dia mungkin punya alasan untuk ingin memutar kembali waktu. Mudah untuk mengatakannya.


“Jadi kamu akan pergi ke reruntuhan untuk mencarinya?”


"Persis. Aku ingin mengubah masa lalu, Kamu tahu. Ada kesalahan masa lalu yang ingin aku perbaiki.”


Jadi aku mencari "Sihir Waktu".


Wanita muda itu menatapku, lurus dan jujur.


Aku tidak bisa begitu saja menjawab dengan "Lakukan yang terbaik". Aku seharusnya tetap diam, tapi kata-kata keluar dengan sendirinya. Mulutku tidak mau menutup.


“… Terdengar konyol bagiku.”


Aku mengejek kata-katanya tanpa ragu-ragu. Itu terdengar sangat bodoh bagiku sehingga aku harus mengatakan sesuatu.


“Untuk memanipulasi waktu dan mengubah masa lalu… huh, itu luar biasa. Aku tahu betapa menakjubkannya itu. Namun… tidak, karena itu, izinkan aku memberi tahu Kamu, itu bodoh. Atau lebih tepatnya, menghina. Ini adalah rasa tidak hormat yang mencolok bagi mereka yang hidup sebaik mungkin dan mati. Itu saja."


Jika memungkinkan untuk memutar kembali waktu, aku akan melakukannya juga.


Aku sangat ingin, bersemangat untuk melihat mentorku dan yang lainnya lagi. Aku yakin aku akan merasakan keinginan ini sepanjang hidupku. Jadi jika aku pernah berada dalam situasi yang memungkinkan aku memilih untuk kembali ke masa lalu, aku pasti akan melakukannya, pikirku.


Namun… tidak, karena itu…


Aku juga yakin bahwa aku tidak akan pernah secara aktif mencari cara untuk memutar kembali waktu.


“Untuk memutar kembali waktu… huh, itu adalah mimpi belaka. Hanya mimpi… ada masa lalu yang ingin aku ubah juga. Jika aku bisa mengubah masa lalu yang dipenuhi dengan kesedihan, aku pasti akan berdoa untuk itu. Karena aku tahu bahwa 'hadiah' ada karena pengorbanan yang tak terhitung jumlahnya. Tapi meski begitu…”


Potongan kenangan masa lalu.


Kenangan yang tidak pernah pudar, terukir dalam jiwaku, agar tidak aku lupakan.


"Tapi aku tidak akan pernah membuang perasaan, emosi mereka yang tinggal di selokan dengan melakukan sesuatu seperti itu."


Jadi aku berkata, dengan percaya diri.


Untuk alasan apa pun, aku tidak bisa berhenti.


Aku jauh lebih banyak bicara dari biasanya.


“Benar, bukan? Maksudku, Kamu akan mengubah semua yang terjadi. Jika Kamu memutar kembali waktu, sepertinya tidak ada yang terjadi. Kamu akan mendapatkan batu tulis kosong. Kosong sekali. Keputusan menyakitkan, penderitaan, kesedihan, waktu yang dihabiskan bersama, semuanya hilang. Kenangan tak ternilai di kepalaku hanya akan berubah menjadi kebohongan. Kata-kata dan emosi yang dipercayakan padaku di antara air mata, saat itu, saat-saat itu, aku tidak dapat mengubah semuanya menjadi kebohongan karena egoku."


“... jadi kamu akan menolak untuk mengambil keajaiban itu, bahkan jika itu dalam genggamanmu?”


“Keinginan untuk memutar waktu harusnya tetap satu… tetap dalam bentuk emosi, sebuah ide. Seseorang tidak boleh melangkah lebih jauh dari itu. Jika orang-orang yang hidup di "masa kini" melakukan kesalahan itu, bagaimana mereka bisa menghadapi orang-orang yang sudah pergi? Itulah yang aku— "


Aku berhenti.


Untuk menekankan kata-kata yang akan menyusul.


“Itulah yang diajarkan padaku.”


“Kamu diajari itu…? Siapa pun yang mengatakan itu kepadamu adalah orang yang mengerikan, pasti."


"Mengapa."


Jika orang yang aku kagumi disebut makhluk jahat yang ganas, aku tidak dapat menerimanya tanpa mengatakan apapun. Jadi aku bertanya padanya, mengapa dia mengatakan itu.


“Apa kamu tidak mengerti apa arti kata-kata itu? Itu terdengar sangat cantik, tapi itu cukup banyak memberitahumu untuk tidak melarikan diri, bukan? Itu terlalu berat, cara hidup seperti itu."


“Terlalu berat, ya…”


Pada akhirnya, cara pikirku mungkin tidak bisa dimengerti olehnya. Jadi dia bilang itu terlalu berat. Tetapi bahkan jika itu tidak dipahami, cara berpikirku tidak akan berubah sedikit pun.


Karena aku sudah tahu itu akan terjadi, sejak awal.


Bahwa cara berpikir dan emosi yang aku miliki, mentorku dan yang lainnya, sama sekali tidak sesuai dengan akal sehat dunia ini.


Jadi aku tidak terguncang, aku juga tidak mencari pengertian apa pun. Dianggap sebagai "abnormal" tidak masalah. Biarlah setiap orang berpikir atau mengatakan apa yang mereka inginkan: itulah pendirianku.


"Aku tidak pernah memikirkannya seperti itu."


Sejujurnya aku bersungguh-sungguh.


Bahkan jika itu "tidak normal" baginya, bagiku itu benar-benar "jelas", "normal".


Cara hidup yang keras yang oleh orang lain digambarkan sebagai "terlalu berat" tersembunyi jauh di dalam: itulah cara hidupku.


“Kamu tidak perlu memaksakan caraku pada dirimu sendiri atau apapun.”


Menurutku, orang selalu mencari jawaban atas fenomena "abnormal".


Mereka memaksakan ketidaknormalan ini dalam spektrum nilai mereka, bertanya-tanya mengapa itu terjadi. Kemudian mereka mulai membicarakannya atau berempati dengannya - mereka bisa membiarkan mereka sendiri, tetapi sebaliknya, mereka memaksakan nilai-nilai mereka pada diri mereka dan mati-matian mencoba menemukan jawaban, penjelasan.


Jadi aku katakan dia tidak perlu.


Aku dengan jelas menyatakan bahwa dia tidak perlu melakukan itu.


Aku tidak mencari pemahaman siapa pun pada saat ini.


Sebab, dalam aspek itu, aku sudah merasa terpenuhi.


Mengenai alasan kenapa aku memakai topeng tersenyum dan menggunakan pedangku.


Keinginan untuk melindungi seseorang.


Cita-cita masa lalu, masih membara dalam diriku, cara hidup ini, segalanya. Aku yakin dan puas tentang itu semua.


Karena cara pikirku diterima dan disetujui oleh orang-orang yang tidak tergantikan bagiku. Jadi aku tidak akan pernah terguncang, tidak peduli apa yang diberitahukan padaku.


Dan aku juga tidak akan memaksakannya pada orang lain.


Karena aku percaya sepenuhnya bahwa itulah cara hidup yang membuat aku menjadi diriku sendiri.


“Kamu memiliki cara berpikirmu sendiri, jadi pertahankanlah. Tidak ada yang tahu jawaban yang benar. Mungkin terasa seperti tidak meninggalkan banyak ruang untuk bernafas, tapi begitulah cara aku hidup. Aku hanya ingin membicarakannya, karena suatu alasan."


“… Kedengarannya seperti keyakinan buta bagiku.”


“Haha, kamu benar-benar berani di sana. Tapi aku juga bangga karenanya.”


"Mengapa."


"Mengapa…? Jawabannya mudah, tidak pernah berubah sejak dulu.”


Itu tidak berubah bahkan setelah aku dilahirkan kembali.


Aku tidak bisa menyerah pada penyesalanku.


Aku adalah yang terlemah dari semuanya, jadi aku terus menyeret semuanya bersamaku.


Ide, cara berpikir, semuanya, aku mewarisi semuanya.


Orang yang aku kagumi juga sama.


Di satu sisi, mereka adalah segalanya bagiku.


Kata-kata dan cara hidup orang itu adalah titik awalku.


“Karena bahkan sekarang cara hidup mentorku, cara berpikir, cara bertarung, setiap hal, tanpa kecuali, adalah apa yang aku kagumi. Karena itu adalah kata-kata dari satu orang yang pernah aku kagumi."


Itu lebih dari cukup alasan untuk mengikuti ajaran-ajaran itu. Alasan itu terasa sangat tepat di hatiku.


Aku tersenyum kecil, senyum puas.